Wakatobi Dive Spot – Wakatobi sendiri adalah singkatan dari 4 pulau yang ada di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, yaitu pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan pulau Binongko. Selain itu, masih ada pulau-pulau lainnya, namun ukurannya tidak terlalu besar. Kawasan wisata ini dikenal lantaran objek wisata alam bawah lautnya yang sangat cantik, dan pastinya tidak kalah dengan objek wisata alam bawah laut lainnya, yang ada di Indonesia. Anda yang menyukai kegiatan snorkeling dan diving, pasti tidak akan melewatkan kesempatan yang satu ini.

Keindahan alam bawah laut Wakatobi

Seperti yang telah dijelaskan selintas di atas, Wakatobi ini, sendiri terdiri atas beberapa pulau, masing-masing pulau memiliki spot menyelam yang sangat menarik, dan sayang jika Anda lewatkan.  Lokasi penyelaman yang ada di kawasan ini cukup beragam. Untuk snorkeling sendiri biasanya hanya sekitar beberapa meter saja, jaraknya dari permukaan laut. Namun untuk Anda yang ingin melakukan scuba diving, maka keindahan alam bawah laut ini, dapat dilihat dari kedalaman 5 meter hingga 55 meter. Semakin dalam lokasi penyelaman, maka Anda harus memiliki lisensi penyelam, untuk melakukannya.

Spot menyelam favorit di Wakatobi

Ulasan berikut ini akan membahas tentang beberapa lokasi atau Wakatobi Dive Spot, yang dapat anda kunjungi, antara lain :

  • Coral garden

Seperti namanya, lokasi snorkeling yang ada di sekitar pulau Tomia ini, memang memiliki panorama terumbu karang cantik, bagaikan sebuah kebun / garden. Tidak hanya aneka terumbu karang cantik, dan unik, aneka biota laut yang ada di lokasi ini juga cukup beragam, membuat siapa saja betah untuk menikmatinya. Hanya bermodalkan 18 hingga 25 meter, Anda akan melihat keindahan alam bawah laut tersebut.

  • House reef

House reef ini adalah salah satu lokasi yang dapat Anda gunakan untuk snorkeling dan juga diving. Berlokasi di sekitar pulau Tomia, dan nama ini sendiri diambil karena lokasi dari Wakatobi Dive Spot ini tidak terlalu jauh dari Dive Resort, yang ada di pulau Tomia. Anda hanya perlu berenang dari tepi pantai, atau menggunakan perahu untuk sampai ke lokasi tersebut. Keindahan batuan koral, terumbu karang indah, serta aneka ikan hias yang berwarna-warni akan menyambut Anda.

  • Cornucopia

Wakatobi Dive Spot yang satu ini, pas untuk Anda yang menyukai kegiatan menyelam, plus Anda yang juga memiliki lisensi sebagai penyelam. Lokasi ini memiliki sebuah terumbu karang, yang terlihat seperti tembok vertikal. Anda dapat melihat tembok ini dari kedalaman 20 meter hingga kedalaman 55 meter dari permukaan laut. Itu sebabnya spot yang satu ini, tidak dapat digunakan oleh semua penyelam.

  • Roma

Lokasi menyelam yang satu ini masih ada di sekitar pulau Tomia, tepatnya di sisi barat pulau. Dengan hanya menyelam di kedalaman 15 hingga 25 meter, Anda akan melihat indahnya panorama alam bawah laut yang cantik. Mulai dari aneka terumbu karang, aneka ikan hias air laut yang cantik, dan yang lainnya. Yang paling menyenangkan dari itu semua adalah, tingkat visibility di lokasi tersebut yang sangat baik, airnya jernih, sehingga Anda dapat melihat ke berbagai lokasi dengan sangat baik.

  • Onemohute

Ini adalah nama salah satu Wakatobi Dive Spot yang ada di pulau Wangi-wangi. Anda hanya perlu menyelam sedalam 15 hingga 20 meter, maka indahnya biota laut akan terhampar untuk Anda. Aneka terumbu karang cantik, dan beraneka warna, dan ikan-ikan mungil dan cantik, terlihat hilir mudik santai di lokasi tersebut.

  • Marimabok

Lokasi penyelaman ini tidak jauh dari spot Roma atau tepatnya di pantai Honue. Lokasi ini diberi nama demikian, karena pemandangan di lokasi ini sangat indah, dan membuat siapa saja yang mengunjunginya jadi mabuk kepayang. Aneka jenis koral saling bertumpuk, dan mempunyai warna warni yang sangat indah. Diantara hard coral yang ada ada juga soft coral yang unik, belum lagi adanya ikan hias laut yang hilir mudik, membuat pemandangan di spot ini semakin indah.

  • West38fun

Lokasinya dekat dengan pulau Sawah, atau di dekat pulau Tomia. Anda yang menyukai kegiatan scuba diving, tentu harus mengunjungi spot yang satu ini. Lokasi tersebut paling baik dikunjungi pada bulan Maret hingga Juli dan juga bulan November hingga Desember. Aneka soft coral yang tumbuh seperti pohon Sakura nan cantik, ada juga soft coral berbentuk kipas yang berwarna warni, akan menjadi pemandangan di lokasi yang satu ini.

Masih ada banyak lagi lokasi snorkeling dan diving yang dapat Anda nikmati di lokasi ini. Anda harus mengunjunginya sendiri, dan melihat bagaimana keindahan biota laut cantik tersebut, membuat Anda terpukau.

Call Now
WhatsApp