Wisata Alam Wakatobi

24 November 2018 261x Artikel

Beranda » Artikel » Wisata Alam Wakatobi

Wisata Alam Wakatobi

Merasa jenuh dengan rutinis pekerjaan yang tidak ada habisnya? Saatnya rehat dan melihat yang indah-indah di Wakatobi. Bagi para pelancong, Wakatobi terkenal dengan kecantikan alamnya yang tiada dua. Terdiri dari 4 pulau utama: Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko (Wakatobi), tempat wisata yang satu ini memiliki beberapa pesona tersembunyi seperti di bawah ini, yang wajib Anda kunjungi saat berwisata alam Wakatobi.

Surga untuk para diver, Taman Nasional Kepulauan Wakatobi

Pesona alam Wakatobi tidak hanya tentang lanskap daratan saja. Namun ada tempat tersembunyi di bawah lautnya yang cantiknya tidak terkira. Pastikan untuk datang dan mengeksplorasi keindahan Taman Nasional Kepulauan Wakatobi, sehingga liburan Anda lebih lengkap. Tempat wisata ini bahkan menjadi salah satu tujuan utama para pelancong yang datang ke Wakatobi.

Berdasarkan data dari UNESCO, di taman nasional ini terdapat hingga 750 spesies koral. Sementara spesies koral di dunia sendiri, terdapat tidak lebih dari 850 spesies. Itu berarti lebih dari sebagian spesies koral di dunia, dimiliki oleh Indonesia. Dengan spesies koral sebanyak ini, sangat pantas jika Taman Nasional Kepulauan Wakatobi menjadi tujuan utama para wisatawan.

Tidak hanya para pelancong yang memiliki hobi diving, bahkan mereka yang tidak bersertifikat diving juga akan tergoda untuk mengeksplorasi keindahan taman ini. Salah satu yang menjadi daya tarik tama keindahan bawah laut taman ini adalah segerombolan ikan paus sperma yang datang setiap kali bulan November. Bahkan jika beruntung, Anda dapat berjumpa dengan si anggun, pari manta.

Telaga di bawah gua, Pulau Wangi-Wangi

Jika keindahan bawah laut di Taman Nasional Kepulauan Wakatobi tidak cukup membuat liburan Anda kali ini terpuaskan, jangan merasa kecewa dulu. Datangi salah satu tujuan wisata alam Wakatobi yang juga hampir dipenuhi wisatawan setiap harinya. Pulau Wangi-Wangi yang menjadi salah satu pulau utama di Wakatobi, memiliki satu spot telaga di bawah gua yang indah.

Baca Juga :

Sebelum melihat air telaga yang dingin menggoda, nikmati lebih dulu deretan gua dengan strukturnya yang menawan. Struktur gua yang menawan ini bukanlah buatan manusia, melainkan terjadi secara alami. Artinya tidak ada campur tangan manusia, hanya alam yang menyebabkan gua indah tersebut terbentuk. Pastikan mengambil foto gua yang mengagumkan ini saat datang ke sana.

Setelah puas dengan menelusuri keindahan gua yang ada di depan mata, saatnya menceburkan diri ke dalam air telaga yang dingin. Kejernihan airnya bagai kaca berwarna biru yang mengundang siapa saja untuk berenang di sana. Kombinasi stalakmit dan stalaktit yang bergantungan di atap gua dan jernihnya air telaga di bawahnya, menjadikan tempat ini sangat mengagumkan.

Lansekap daratan paling cantik di Wakatobi, Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Meski wisata alam Wakatobi sendiri menyuguhkan empat kepulauan utama, tidak berarti hanya pesona pantai dan laut saja yang ditawarkan. Ada lansekap daratan yang tidak kalah indah dan harus Anda abadikan untuk selalu mengingatnya. Terutama di kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, lansekap daratan di sini sangat menawan.

Kecantikan pertamanya adalah warna hijau dari hutan lebat yang mengurung kawasan taman nasional. Warna hijau ini seperti selimut yang menyelubungi setiap sudut taman. Bak warna zamrud khatulistiwa yang ada di dalam lagu-lagu musisi tanah air. Dengan luas 1050 kilometer persegi, taman ini akan sangat memuaskan untuk dieksplorasi.

Kumpulan vegetasinya luar biasa lengkap. Dari mulai hutan mangrove yang sangat lebat hingga padang savana yang nampak gersang namun indahnya tidak tertandingi. Biasanya kawasan ini sering dipakai para pelancong untuk bermalam di bawah tenda beratap langit malam. Dengan latar belakang Gunung Watumohai yang menjulang tinggi, pastikan Anda tidak lupa untuk mengambil foto di sini.

Air Terjun Berundak, Moramo

Selama ini keindahan lansekap daratan hanya dapat dinikmati dari pengalaman liburan traveler lain. Atau Anda hanya dapat menikmatinya dari foto kalender. Kali ini di tempat wisata alam Wakatobi, Anda dapat menikmatinya langsung di depan mata. Air terjun Moramo, memiliki semua keindahan lansekap daratan yang tidak tidak tertandingi.

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 100 meter. Sementara dengan ketinggian tersebut, air terjun mengalir ke bawah melalui tangga undak alami yang jumlahnya lebih dari 60 buah. Namun terdapat undak utama sebanyak 7 buah yang mengalirkan lebih banyak air terjun dari atas. Gemericik suara air yang merdu, membuat sempurna lansekap di depan mata Anda.

Saat matahari mulai bersinar dengan lembut, percikan air dari atas akan membentuk jajaran warna-warna indah yang tidak dapat digantikan oleh tempat wisata manapun. Terdiri dari batuan kapur yang tidak ditumbuhi lumut sehingga mudah dipanjat. Sementara kandungan marmer dari batuan di samping air terjun ini menambah sempurna pemandangan. Bagaimana? Seru bukan liburan ke wisata alam Wakatobi.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.