Wisata Bahari Kepulauan Wakatobi

Wisata bahari kepulauan Wakatobi – Menikmati aneka objek wisata, yang ada di kepulauan Wakatobi ini, pastinya akan membuat liburan kali ini jadi terasa semakin istimewa. Jauh dari hiruk pikuk perkotaan, namun memiliki panorama alam yang sangat indah.

Seperti diketahui bersama, Wakatobi ini sendiri adalah kumpulan kepulauan yang ada di Sulawesi Tenggara, tepatnya pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan pulau terakhir adalah pulau Binongko. Masing-masing pulau ini memiliki keindahan alam yang sangat cantik, tidak hanya di daratan, namun juga di dalam laut. Bahkan kecantikan alam bawah laut yang ada di kepulauan Wakatobi, dikenal luas oleh wisatawan mancanegara.

Pulau Wangi – wangi

Pulau wangi-wangi sendiri adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Sulawesi Tenggara, tidak hanya itu, pulau ini sendiri adalah ibukota dari kabupaten tersebut. Wisata bahari kepulauan Wakatobi ini juga terbilang cukup banyak.

Menikmati lumba-lumba berenang di pagi hari, sambil menikmati sang mentari terbit di ufuk timur, pastinya sangat menyenangkan. Untuk melihat ikan lumba- lumba yang berenang ini, Anda harus mengunjungi Tanjung Kapota, yang letaknya sekitar 40 menit, dari dermaga Mola. Jika menggunakan kapal boat, Anda akan secara leluasa melihat indahnya sang mentari yang bangun dari peraduannya, dan disambut oleh tarian dari ikan lumba-lumba.  Tentunya ini akan menjadi pemandangan bahari yang sulit untuk dilukiskan oleh kata-kata.

Pulau Kaledupa

Ini adalah pulau lain yang juga termasuk ke dalam gugusan pulau Wakatobi. Pulau ini juga memiliki keindahan serta keunikan tersendiri, dibandingkan pulau lainnya. Ketika Anda melakukan wisata bahari kepulauan Wakatobi di pulau ini, Anda dapat mengunjungi sebuah kampung, yaitu Bajo Sampela. Siapa yang tidak kenal dengan suku yang satu ini. Suku ini, terkenal akan julukannya sebagai Gipsy laut. Ada sekitar 3000 warga yang tinggal dan membuat rumah di atas laut. Rumah-rumah tersebut dibangun sekitar 3 km dari pulau kaledupa.

Baca Juga :

Yang unik dari suku yang satu ini, adalah proses berburunya yang masih menggunakan alat tradisional, yaitu tombak. Bahkan tanpa menggunakan kaki katak, dan tabung oksigen, para penduduk yang tinggal di suku ini mampu menyelam hingga kedalaman 20 meter, selama 5 menit.

Pulau Tomia

Untuk Anda yang menyukai kegiatan diving, ada baiknya jika mengunjungi pulau yang satu ini. Tidak kalah cantik dengan pulau Wakatobi lainnya. Anda akan melihat aneka pemandangan unik di kawasan tersebut.

  • Jika Anda mengunjungi pulau ini pada siang hari, maka sebaiknya Anda mengunjungi desa Kulati, yang lokasinya ada di bagian timur Tomia. Jalan hingga ke area perbukitan, maka Anda akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang sangat cantik, dimana terdapat hamparan hijau pepohonan di sisi kanan dan kiri, air laut nan biru jernih dan tenang. Hamparan pasir pantai yang berwarna putih bersih.  Pastinya membuat Anda akan berdecak kagum karenanya. Tidak hanya itu, ketika malam tiba, dan ketika lampu telah dipadamkan, maka desa akan menjadi gelap gulita. Anda akan melihat keindahan langit yang sangat cantik. Gugusan galaksi Bima Sakti, terhampar luas di angkasa, dan pastinya dapat dilihat dengan mata telanjang.
  • Ada lagi 2 pulau kecil yang letaknya tidak jauh dari pulau Tomia, yaitu pulau Nda’a dan pulau Hu’untete. Kedua pulau ini termasuk pulau tidak berpenghuni. Dari desa Kulati jaraknya sekitar 40 menit menggunakan boat. Naik ke atas bukit, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan pantai dan laut yang sangat cantik. Bahkan jika Anda beruntung, Anda akan melihat penyu yang sedang bertelur.

Pulau Binongko

Keunikan pulau yang satu ini tidak kalah, dengan pulau Wakatobi lainnya. Jika Anda ingin melakukan wisata bahari kepulauan Wakatobi di pulau Binongko. Ada baiknya jika Anda mengunjungi Taman Batu yang lokasinya tidak jauh dari desa Haka, Togo Binongko. Batuan karang di tempat ini berwarna hitam, dan lokasinya cukup luas, dan ada di bibir pantai. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi pantai yang satu ini, ada baiknya jika sore tiba, karena pada siang hari, udara jadi terasa sangat panas di lokasi tersebut. Objek wisata lain yang ada di Binongko ini memang tidak terlalu banyak. Beberapa objek wisata yang dapat Anda kunjungi adalah desa Tadui, ada juga hutan bakau, dll.

Call Now
WhatsApp