Wisata Bahari Wakatobi

24 November 2018 322x Artikel

Beranda » Artikel » Wisata Bahari Wakatobi

Wisata Bahari Wakatobi

Pesona Wakatobi mampu menyihir siapa saja untuk datang ke wilayah kabupaten di sulawesi Tengah ini. Terutama mereka yang hobi melancong, Wakatobi memiliki spot menawan yang tidak dapat disuguhkan tempat wisata lain. Wisata bahari yang menjadi salah satu keunggulannya, menjadikan Wakatobi sebagai tempat wisata yang disukai wisatawan mancanegara. Pastikan mengarungi indahnya wisata bahari Wakatobi di bawah ini, saat datang mengeksplorasinya.

Rasakan ketenangan jiwa di Pulau Hoga

Di Kepulauan Wakatobi, nama pulau Hugoa menjadi salah satu yang cukup populer di kalangan wisatawan. Pasalnya, pulau yang tersusun atas beberapa kawasan ini memiliki luas hingga 1.390.000 hektar. Di atas kawasan yang sangat luas ini, para pengunjung yang datang disambut dengan nuansa pelosok yang sepi, damai dan menjadi pilihan paling tepat untuk relaksasi. Apakah itu saja daya tarik Pulau Hoga? Tentu bukan itu daya tarik utamanya.

Di Pulau Hoga, Anda juga bisa melakukan banyak aktivitas menarik lainnya, seperti di kepulauan lain di Wakatobi. Salah satunya adalah diving. Wakatobi sendiri memiliki 750 dari jumlah 850 spesies koral yang ada di dunia. Tentu Anda tidak mungkin melewatkan keindahan bawah laut Kepulauan Hoga. Untuk para pengunjung yang hobi diving, terdapat lebih dari 20 spot selam di Pulau Hoga. Sementara untuk pengunjung yang tidak mampu menyelam, juga dapat melakukan aktivitas snorkeling yang tidak kalah seru.

Selain spesies koral yang luar biasa banyak dan indahnya, bawah laut Pulau Hoga masih juga memiliki spesies ikan yang luar biasa banyaknya. Tercatat terdapat 80 lebih spesies ikan warna-warni yang akan membuat Anda takjub saat menyelam. Di bulan April, Juni dan Oktober, ada penyu naik ke pantai untuk bertelur. Pastikan Anda menginap selama beberapa hari, dan memastikan semua keindahan dan keunikan Pulau Hoga telah habis dieksplorasi. Jangan khawatir tentang tempat bermalam, ada banyak homestay nyaman di sana.

Pesona bawah laut Pulau Tomia yang menawan

Pada dasarnya Kepulauan Wakatobi tidak hanya menghadirkan keindahan bahari dengan pantai dan pasir putihnya saja. Melainkan juga pesona daratan dengan lansekap alamnya yang luar biasa. Meski begitu, untuk Anda yang lebih memilih wisata bahari Wakatobi, maka selain Pulau Hoga, ada Pulau Tomia yang wajib Anda kunjungi. Di pulau yang satu ini, ada keindahan alam hingga pesona bawah lautnya yang luar biasa. Sempurnakan liburan ke Wakatobi dengan datang ke Tomia.

Baca Juga :

Keindahan bawah laut Pulau Tomia, dinobatkan sebagai salah satu titik selam terbaik dunia. Untuk itulah setiap pengunjung yang datang, tidak pernah melewatkan Tomia sebagai salah satu destinasi ke Wakatobi. Tidak perlu bingung dengan peralatan selam dan snorkeling, karena ada banyak tempat yang menyediakan sewa peralatan sampai Anda puas mengeksplorasi keindahan bawah laut Tomia. Selain terumbu karang yang indah, ada juga ikan penuh warna dan ukuran yang bermanja-manja berlalu lalang di dekat penyelam.

Tidak hanya titik selamanya yang layak dieksploitasi, namun Pulau Tomia ini juga menyimpan pesona daratan yang tidak kalah indah. Dengan kontur alamnya yang berbukit-bukit, daratan Tomia sangat layak untuk dijelajahi. Ada juga pada savana yang tidak kalah eksotis untuk Anda nikmati dan ambil gambar lansekapnya yang sempurna. Ada juga situs sejarah berupa Benteng Patuha yang dapat Anda nikmati keunikannya bersama keluarga.

Ratusan spesies ikan di bawah laut Pulau Wangi-Wangi

Nama Pulau Wangi-Wangi tidak asing bagi masyarakat Wakatobi. Pasalnya nama pulau yang satu ini membentuk nama Wakatobi dari empat pulau yang ada. Potensi wisata pulau ini salah satunya ada pada terumbu karang triangle yang dimilikinya. Bahkan banyak wisatawan luar yang sengaja datang jauh-jauh ke Wangi-Wangi, hanya untuk menikmati langsung pesona terumbu karang ini. Pastikan Anda juga tidak ketinggalan untuk menjelajahi keindahan bawah lautnya.

Selain spesies karangnya yang berjumlah ratusan, Pulau Wangi-Wangi juga memiliki spesies ikan yang tidak kalah banyak. Tercatat ada 942 spesies ikan yang akan memastikan Anda tidak puas dengan hanya sehari menyelam. Bahkan setelah berhari-hari menginap di Pulau Wangi-Wangi, Anda tidak akan bosan dengan terumbu karang hingga ribuan ikan yang bermain-main di dekat Anda selama menyelam. Tidak perlu harus menyelam sampai dasar, bahkan dari mulai kedalaman 90 kaki, para pengunjung sudah dapat menikmati indahnya dasar laut Wangi-Wangi.

Sudah puas menikmati kedalaman laut Pulau Wangi-Wangi, saatnya mencari keunikan lain dari pulau ini. Salah satu yang menarik minat banyak wisatawan adalah keunikan budaya hingga adat istiadat yang ditampilkan suku tertua di Indonesia, Bajo. Suku Bajo terkenal karena konsistensinya dalam dunia maritim kuno yang tidak dapat disamai suku lain di Indonesia. Mereka bahkan dapat melaut tanpa peralatan canggih. Tidak heran jika wisata bahari Wakatobi sangat terkenal di dunia.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.