Wisata Wakatobi Indonesia

24 November 2018 304x Artikel

Beranda » Artikel » Wisata Wakatobi Indonesia

Wisata Wakatobi Indonesia

Diving menjadi aktivitas utama siapa saja yang datang ke Wakatobi. Mengingat disini Anda akan bertemu 750 spesies terumbu karang yang luar biasa indahnya. Belum lagi puluhan spesies ikan yang jumlahnya ribuan, akan menemani waktu-waktu pelan di dalam air laut Wakatobi. Namun apa jadinya jika Anda tidak memiliki sertifikat divers atau bahkan tidak dapat berenang sama sekali? Jangan khawatir karena 5 keindahan berikut siap memanjakan Anda selama wisata Wakatobi Indonesia.

Situs sejarah, benteng pertahanan Kerajaan Buton

Siapa bilang Wakatobi hanya berisi pesona lautan dan pantainya saja yang indah. Justru tempat wisata yang satu ini menawarkan semua keindahan wisata lengkap. Dari mulai daratan, lautan hingga situs-situs bersejarah. Salah satu situs bersejarah yang ada di Wakatobi, dan harus Anda kunjungi adalah Benteng Patua. Kawasan ini akan membawa Anda kembali ke masa-masa kerajaan yang penuh dengan intrik sehingga benteng pertahanan pun diperlukan.

Anda dapat mencoba naik ke puncak tertinggi benteng untuk dapat menikmati keindahan alam sekitar. Ada beberapa puluh anak tangga yang harus Anda lewati terlebih dahulu sebelum sampai di puncak. Anak tangga ini dibuat dari batuan kokoh tanpa semen yang membuat Anda terkagum dengan konstruksi benteng pertahanan ini. Sampai di puncak benteng, Anda dapat melihat keindahan Laut Banda, Pulau Runduma, Wangi-Wangi dan juga Kaledupa. Sangat luar biasa!

Berkunjung ke manusia perahu, Suku Bajo

Keindahan alam Wakatobi memang menjadi tujuan utama para wisatawan. Namun dari pemerintah daerah setempat, bukan keindahan alamnya saja yang ditawarkan kepada para pengunjung. Ada banyak potensi adat hingga kebudayaan di Wakatobi yang juga harus diketahui pengunjung. Salah satunya adalah keberadaan Suku Bajo, yang menjadi suku tertua di Wakatobi. Anda dapat mencoba datang dan melihat langsung keseharian mereka selama di Wakatobi.

Baca Juga :

Salah satu yang akan membuat Anda takjub saat datang ke perkampungan Suku Bajo adalah daya tahannya di alam yang luar biasa. Hanya berdiri di atas tiang-tiang kayu di bawah permukaan air, sebuah rumah Suku Bajo dapat berdiri tegak, kokoh dan kuat. Kemampuan Suku Bajo dalam menjalankan perahu di lautan luas tanpa bantuan alat-alat navigasi juga sangat luar biasa. Belum lagi bagaimana keramahan mereka menyambut tamu, akan membuat siapa saja terharu.

Kuliner Wakatobi akan membuat lidah ketagihan

Indonesia memiliki potensi kuliner luar biasanya banyaknya dari berbagai macam suku yang ada. Bahkan salah satunya sempat dinobatkan menjadi yang paling enak di dunia. Demikian pula dengan wisata Wakatobi Indonesia, kuliner yang disajikan tentunya sangat khas dan tidak akan Anda temui di tempat lain. Pastikan Anda tidak melupakan mencicipi kuliner Wakatobi, selama liburan. Dijamin suka dan ketagihan untuk mencoba yang lainnya.

Ada makanan pokok masyarakat Wakatobi yang bernama Kasuami. Dibuat mirip tumpeng terbuat dari parutan ubi jalar. Rasanya gurih dengan dibuat sangat padat sehingga mengenyangkan. Selain Kasuami, jangan lupa juga untuk menikmati kuliner khas Wakatobi, Ikan Pardede. Jenis olahan ini hanya ada di Wakatobi. Diolah mirip sup ikan, bening namun berwarna kuning. Rasa bawang putih dan juga kunyitnya sangat terasa namun menyegarkan.

Sunset di Bukit Khayangan

Tidak dapat menikmati pesona bawah laut Wakatobi yang indahnya sampai ke mancanegara, tidak lantas membuat liburan Anda berakhir membosankan. Anda harus percaya jika Wakatobi ini juga memiliki lansekap daratan yang tidak kalah indah dari bawah lautan. Bila perlu nikmati Wakatobi dari puncak ketinggian, sehingga Anda tidak merasa kecewa karena tidak dapat melihat pesona bawah lautnya. Dijamin sangat sepadan dengan pendakiannya.

Ada sebuah bukit bernama Khayangan di Tomia, Wakatobi. Sudah banyak wisatawan yang tahu dan datang ke spot menarik satu ini. Bahkan tidak jarang yang sengaja bermalam dan mendirikan tenda di Bukit Khayangan ini. Saat matahari tenggelam, hadir siluet keemasan cakrawala dari arah barat yang indahnya luar biasa. Sementara saat malam hari, ada pemandangan langit Wakatobi yang gelap dan penuh bintang. Di Jakarta, tidak ada keindahan seperti ini.

Menjelajah hutan terlarang di Binongko

Liburan ke Wakatobi harus diisi dengan hal-hal seru dan baru. Jangan takut untuk mengeksplorasi karena Wakatobi memang penuh dengan potensi keindahan alam yang luar biasa. Anda hanya perlu mencari banyak informasi dan rekomendasi dari masyarakat sekitar untuk dapat menjelajah banyak spot cantik dan menantang. Namun tetap harus ingat, bahwa menjelajah juga memiliki batasan terutama keselamatan Anda sebagai pengunjung asing.

Dari namanya saja, hutan yang satu ini terdengar angker. Namun justru karena angkernya, hutan terlarang banyak dikunjungi. Hutan mangrove dengan banyak pohon-pohon bakau lebat ini sering dijadikan sebagai tempat ritual oleh penduduk setempat. Pohon-pohon juga dilarang ditebang di hutan ini. Pilih waktu sore hari menjelang matahari tenggelam untuk menjelajah. Dijamin penjelajahan ini akan menutup wisata Wakatobi Indonesia yang sempurna.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.